Scroll to Top

JRPB

Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem (JRPB) merupakan salah satu jurnal di bidang teknologi pertanian di Indonesia yang menerbitkan berbagai artikel ilmiah hasil penelitian di bidang teknologi produk pangan dan pertanian, teknik pertanian dan bio-sistem, dan teknologi agroindustri. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram, 2 kali dalam setahun (Maret dan September). JRPB telah teregsitrasi dengan nomor ISSN 2301-8119 (versi cetak) dan e-ISSN 2443-1354.

Berdasarkan SK Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 30/E/KPT/2018 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah menyatakan bahwa Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat 3 yang mulai berlaku hingga tahun 2021.

Jurnal ini fokus untuk memuat artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian (research) ataupun kajian (review) dari mahasiswa, peneliti, akademisi, praktisi, dan pemerhati bidang Teknik Pertanian dan Biosistem. Ruang lingkup artikel ilmiah dalam jurnal ini meliputi:

  1. Mesin Pertanian: rancang bangun, aspek ergonomi dan ekonomi mesin pertanian
  2. Teknik Bioproses: pengolahan pasca panen (pengeringan, pendinginan, pengemasan)
  3. Teknik dan Konservasi Lingkungan Pertanian: bangunan pertanian dan lingkungan, konservasi tanah dan air, hidrologi teknik dan agroklimatologi, teknik irigasi dan drainase, hidroponik dan aeroponik.
  4. Energi Baru dan Terbarukan di bidang pertanian
  5. Instrumentasi dan Sistem Kontrol: pengendalian iklim mikro dengan mikrokontroler
  6. Sistem Informasi Geografis: evaluasi tata guna lahan (pertanian)

JRPB dapat diakses online melalui url: https://jrpb.unram.ac.id/