Perkembangan teknologi membuat kondisi semakin dinamis dan menuntut perusahaan untuk bergerak mengikuti kemajuan yang ada jika tidak mau tertinggal atau ingin bersaing dengan kompetitor usaha serupa. Terkait dengan prinsip ekonomi dimana salah satu industri kelapa yang beroperasi dalam ekonomi kreatif di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat adalah mitra Andana VCO. Mitra Andana VCO telah beroperasi sejak tahun 2018 berlokasi di Dusun Karang Kates, Kecamatan Gondang-Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Produk yang telah dihasilkan oleh mitra dari penerapan ekonomi kreatif yaitu virgin coconut oil (VCO), desiccated coconut dari limbah VCO dan coconut chip. Produk tersebut telah dijual secara offline yang dijual didepan rumah produksi maupun online menggunakan facebook dan whastapp, namun hasil yang didapatkan belum memenuhi target penjualan. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan teknologi dan manajemen usaha. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pengelolaan usaha yaitu melalui penjualan secara ekonomi digital.
Industri yang telah menerapkan ekonomi kreatif juga harus menerapkan ekonomi digital supaya tidak tertinggal laju bisnis dengan kompetitor dan mengoptimalkan kinerja penjualan produk. Melihat kondisi tersebut, maka tim kelompok pengabdian dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan FATEPA UNRAM yang diketuai oleh Bapak Dewa Nyoman Adi Paramartha, S.TP., M.Si., telah melaksanakan pengabdian bersama tim pengabdiannya yang berjumlah 4 anggota terdiri dari Ibu Ir. Zainuri, PGDip. M.App.Sc., Ph.D. ; Ibu Yeni Sulastri, S.TP., M.Si. ; Rucitra Widyasari, S.TP., M.Si. ; dan Ibu Rini Nofrida, S.TP., M.Si. . Pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2021, yang bertempat di Dusun Karang Kates, Kecamatan Gondang-Gangga, Kabupaten Lombok Utara dengan sasaran mitra yaitu UKM Andana VCO. Kegiatan pengabdian ini meliputi 1) memberikan pemahaman tentang berjualan produk dengan penerapan ekonomi digital dan 2) melatih pelaku bisnis berbasis kelapa untuk memulai berjualan produk dengan penerapan ekonomi digital. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menerapkan metode pelatihan yaitu:
- Pelatihan UMKM Go Digital
Gambar 1. Penyampaian Materi, Simulasi dan Diskusi Tentang Pengenalan Kanal Marketing dan Platform Desain Grafis di Era Ekonomi Digital
- Pelatihan Pemasaran Digital
Gambar 2. Pelatihan Pemasaran Digital
- Praktik dan Evaluasi Pelatihan
Kegiatan ketiga dimulai dari menanyakan keinginan dan ketertarikan pemilik usaha Andana VCO dari hasil penyampaian materi dan simulasi yang sudah diberikan oleh pemateri. Pemilik usaha Andana VCO menyampaikan keinginan dan ketertarikan utamanya untuk memperbarui tampilan label produk VCO dengan menggunakan platform desain grafis berupa Canva. Dari hasil uji coba yang dilakukan, pemilik usaha Andana VCO sudah bisa melakukan pembuatan label menggunakan Canva yang terdesain sangat menarik. Kegiatan praktik dan evaluasi pelatihan yang dilakukan dapat dilihat pada Gambar 3. Label produk sebelum pembaruan dapat dilihat pada Gambar 4 dan hasil pembaruan label produk VCO menggunakan Canva dapat dilihat pada Gambar 5.
Gambar 3. Kegiatan Praktik dan Evaluasi Pelatihan | |
Gambar 4. Label Produk Sebelum Pembaruan | Gambar 5. Hasil Perbaruan Label Produk milik Industri Andana VCO Menggunakan Canva |
Pemilik UKM Andana VCO sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan bersemangat untuk menerapkan dalam kegiatan usahanya. Untuk jangka panjang, diharapkan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dapat memberikan kemajuan bagi pengelolaan manajemen usaha.