Workshop Pengembangan Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Dan RTM Berbasis OBE
A. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini adalah workshop yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Unram tentang Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM) yang berbasis OBE dengan pembelajaran kasus dan proyek.
B. LATAR BELAKANG
Mutu lulusan sangat terkait erat dengan kualitas pembelajaran yang diterapkan oleh lembaga pendidikan dan fasilitas pendukung pembelajarannya, sehingga salah satu strategi penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu lulusan adalah melalui peningkatan mutu perangkat pembelajaran. Peningkatan kualitas perangkat pendukung pembelajaran akan berimbas pada meningkatkatnya mutu lulusan sehingga nantinya lulusan mampu bersaing dengan lulusan kampus-kampus ternama di Indonesia. Peningkatan kapasitas lulusan dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Outcome Base Education (OBE). Metode pembelajaran ini mendukung mahaiswa lebih aktif dan berfikir kritis melalui pembelajaran kasus dan proyek. Untuk itu, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri akan mengadakan workshop bidang akademik untuk meningkatkan keterampilan tenaga pendidik dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Workshop tersebut tentang Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM) berbasis OBE melalui pembelalajaran kasus dan proyek.
C. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
1. Maksud
Secara umum Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan terlebih dahulu mengenai konsep sistem pembelajaran digital, khususnya kepada para dosen pengampu mata kuliah yang dilaksanakan melalui Pengembang Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Berbasis OBE dan Buku Ajar Digital. Sedangkan maksud secara khusus adalah :
- Memfasilitasi para dosen pengampu mata kuliah untuk meningkatkan kemampuannya dalam penyusunan RPS berbasis OBE.
- Membekali para dosen pengampu mata kuliah dalam hal pembuatan dan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
2. Tujuan
Secara umum tujuan kegiatan ini diharapkan para dosen pengampu mata kuliah berperan aktif dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Berbasis OBE Digital. Sedangkan tujuan secara khusus adalah :
- Sebagai usaha peningkatan profesionalisme para dosen di lingkungan Universitas Mataram khususnya Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri.
- Meningkatkan kemampuan penyusunan RPS berbasis OBE.
- Mempersiapkan para dosen yang unggul dan berprestasi untuk mendukung akreditasi program studi dengan akreditasi unggul.
D. Target dan Sasaran
Target yang akan dicapai pada kegiatan Workshop Pengembang Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Berbasis OBE ini adalah tersusunnya RPS berbasis OBE pada setiap mata kuliah untuk mewujudkan capaian pembelajaran pada Kurikulum Program Studi ITP dan Program Studi TEP 2022 dan melengkapi perangkat buku ajar masing-masing mata kuliah (mendukung capaian IKU 7 40% dari jumlah MK yang ada).
Sasaran dari kegiatan Workshop Pengembang Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Berbasis OBE ini adalah semua dosen pada Program Studi ITP dan Program Studi TEP atau minimal 75% (30-40 orang).
E. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan Workshop Pengembang Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Berbasis OBE dan Buku Digital ini adalah :
- Meningkatnya profesionalisme para dosen di lingkungan Universitas Mataram khususnya Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri dalam penyusunan RPS berbasis OBE dan Buku Ajar Digital.
- Tersusunnya RPS berbasis OBE minimal 80 % dari jumlah mata kuliah (MK) yang ada di kurikulum pada masing-masing program studi (62 MK) dan Buku Digital minimal 25 % dari jumlah mata kuliah yang ada di kurikulum pada masing-masing program studi (20 buku ajar digital) tahun 2023.
- Terwujudnya dosen yang unggul dan berprestasi untuk mendukung akreditasi program studi dengan akreditasi unggul (“Akreditasi unggul” program studi Studi ITP dan Program Studi TEP paling lambat tahun 2025)
F. METODE KEGIATAN
Metode yang dilakukan pada kegiatan workshop ini diantaranya:
- Ceramah: Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang topik RPS/ RTM berbasis kasus dan proyek.
- Diskusi: Diskusi dilakukan untuk membahas terkait berbagai hambatan dan strategi dalam penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tugas Mahasiswa(RTM) berbasis kasus dan proyek.
G. MATERI WORKSHOP
Materi Workshop Pengembang Sistem Pembelajaran Digital Melalui Penyusunan RPS Berbasis OBE ini adalah :
- Profil, CPL dan CPMK program studi Studi ITP dan Program Studi TEP
- Evaluasi CPL dan CPMK program studi Studi ITP dan Program Studi TEP
- Pembelajarn Berbasis OBE
- Format penyusunan RPS dan RTM Berbasis OBE
- Penugasan dan Coaching masing-masing Program Studi
- Kebijakan pengembangan system pembelajaran digital
H. WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan Workshop ” Workshop Pengembang Sistem Pembelajaran Digitalmelalui Penyusunan RPS Berbasis OBE” akan diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2022 secara offline di Ruang Sidang FATEPA.
I. PEMBICARA DAN PESERTA
Workshop ‘Workshop Pengembang Sistem Pembelajaran Digitalmelalui Penyusunan RPS Berbasis OBE dan Buku Ajar Digital’ akan dihadiri oleh 3 (satu) narasumber yang kompeten, yaitu ketua program studi ITP dan Ketua Program Studi TEP, serta Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd. (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram). Peserta workshop ini adalah seluruh dosen di lingkungan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram sebanyak 56 orang yang terdiri dari Dosen dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (PS ITP) dan Program Studi Teknik Pertanian (PS TP).
J. HASIL
Pada hari Rabu, 29 Juni 2022 telah dilaksanakan Workshop Pengenmbangan Sistem Pembelajaran yang dihadiri oleh seluruh dosen FATEPA Unram. Kegiatan workshop ini dibagi menjadi 2 sesi dimana sesi I merupakan pemaparan materi tentang CPL program studi ITP dan TEP yang masing masing dipaparkan oleh ketua program studi masing masing. Dalam pemaparannya diketahui CPL masih sangat luas dan belum spesifik untuk pembelajaran OBE. Sehingga selanjutnya perlu dilakukan berbagai penyesuaian.
Pada sesi II, dilanjutkan oleh narasumber Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd, yang mana beliau memaparkan materi terkait Pembelajaran OBE. Dalam paparannya disampikan terkait beberapa hal penelitian, diantaranya:
- CPL yang diharapkan pada pembelajaran OBE
- Penyusunan RPS sebagai salah satu syarat wajib pembelajaran
- Penilaian RPS OBE yang berbagis proyek dan kasus serta bagaimana pembobotan penilaiannya pada keseluruhan nilai.
Dari kegiatan Workshop ini setiap peserta telah ditugaskan untuk menyusun RPS OBE beberapa mata kuliah demi tercapainya minimal 40% mata kuliah dilaksanakan dengan pembelajaran berbasis kasus dan proyek.