Workshop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah

Home/Latest Publications/Workshop Penyusunan Portofolio Mata Kuliah

Evaluasi kurikulum memegang peranan penting dalam proses pendidikan dengan tujuan mengetahui hingga manakah mahasiswa mencapai kemajuan ke arah tujuan yang telah ditentukan. Namun dalam hal evaluasi kurikulum harus dilaksanakan dengan sistematis yang sesuai dengan konsep dasar evaluasi kurikulum, sehingga hasil evaluasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pelaku-pelaku dunia pendidikan dan masyarakat secara umum. Evaluasi Kurikulum dilaksanakan secara khomprehensif agar mencapai tujuan yang maksimal. Dengan pemahaman terhadap dasar-dasar evaluasi kurikulum dapat membantu para pengembang kurikulum untuk merancang evaluasi kurikulum yang sesuai kajian-kajian teoritis yang relevan. Kegiatan mengeksplorasi dasar-dasar pelaksanaan evaluasi dalam kurikulum sebagai bagian yang penting dan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini tentunya harus dipertimbangkan dalam perencanaan dan penyusunan evaluasi kurikulum, yaitu berkaitan dengan sejarah perkembangan evaluasi kurikulum, peran evaluasi kurikulum, tujuan evaluasi kurikulum, pendekatan dalam evaluasi kurikulum, dan model-model evaluasi kurikulum.

Sebagaimana yang diungkapkan pengertian evaluasi dan kurikulum sebelumnya, evaluasi kurikulum dimaksudkan sebagai suatu proses mempertimbangkan untuk memberi nilai dan arti terhadap tujuan, isi, hasil pembelajaran yang menyeluruh dan saling keterkaitan, di mana hal ini diusahakn oleh satuan pendidikan yang dirancang untuk peserta didik baik di dalam kelas, sekolah maupun di luar sekolah.

Salah satu upaya peningkatan capaian kompetensi lulusan Program Studi Teknik Pertanian yang diukur berdasarkan ketercapaian pelaksanaan kurikulum (Profil Lulusan, CPL dan CPMK) melalui proses pembelajaran, maka “Workshop penilaian kuantitatif capaian profil lulusan, CPL dan CPMK, serta penyusunan portofolio program studi teknik pertanian” perlu dilakukan guna menyelaraskan kurikulum dengan metode pembelajaran terkini.

Secara umum Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan terlebih dahulu mengenai konsep sistem pembelajaran digital, khususnya kepada para dosen pengampu mata kuliah yang dilaksanakan melalui Pengembang Sistem Pembelajaran Berbasis OBE. Sedangkan maksud secara khusus adalah :

  1. Memfasilitasi para dosen pengampu mata kuliah untuk meningkatkan kemampuannya proses pembelajaran melalui penilaian secara kuantitatif capaian profil lulusan, CPL dan CPMK sehingga kompetensi lulusan dapat terukur.
  2. Membekali para dosen pengampu mata kuliah dalam hal penyusunan portofolio mata kuliah di tingkat program studi sebagai dokumen mutu tingkat program studi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Tujuan dari kegiatan ini ialah Melakukan Penilaian Secara Kuantitatif terhadap capaian pembelajaran yang meliputi capaian profil lulusan, CPL, dan CPMK serta penyusunan portofolio setiap mata kuliah program studi pada proses pembelajaran per semester bagi masing-masing pengampu mata kuliah yang ada di program studi Teknik Pertanian.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Workshop Penilaian Kuantitatif Capaian CPL, CPMK dan Penyusunan Portofolio Program Studi Teknik Pertanian ini adalah :

  1. Tersusunnya hasil evaluasi pembelajaran melalui penilaian secara kuantitatif terhadap capaian Profil Lulusan Prodi, CPL dan CPMK.
  2. Tersusunnya portofolio setiap mata kuliah yang mengacu pada kurikulum dengan system pembelajaran berbasis capaian (OBE).
  3. Terwujudnya pelaksanaan kurikulum yang dapat diukur ketercapaiannya melalui proses pembelajaran untuk mendukung tercapainya akreditasi internasional pada Program Studi Teknik Pertanian.
  4. Meningkatnya profesionalisme para dosen dalam melakukan penilaian proses pembelajaran di tingkat program studi dengan memanfaatkan TIK.

Materi Workshop Penilaian Kuantitatif Capaian Profil Lulusan, CPL, CPMK, dan Penyusunan Portofolio Program Studi Teknik Pertanian ini adalah :

  1. Rumusan CPL dan CPMK : Narasumber : Murad, SP.,MP. (Ketua Program Studi Teknik Pertanian)
  2. Penilaian secara kuantitatif terhadap capaian Profil Lulusan Prodi, CPL dan CPMK: Narasumber : Prof. Dr.Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST.,MT.
  3. Penggunaan Aplikasi Perhitungan Penilaian secara kuantitatif terhadap capaian Profil Lulusan Prodi, CPL dan CPMK serta Format penyusunan Portofolio

Narasumber : Dr. Joko Sumarsono, STP.,MP. (Sekretaris Program Studi Teknik Pertanian)

Pada hari Kamis, 6 Oktober 2022 telah dilaksanakan Workshop Penilaian Kuantitatif Capaian Profil Lulusan, CPL, CPMK, dan Penyusunan Portofolio Program Studi Teknik Pertanian. Kegiatan workshop ini dibagi menjadi 3 sesi dimana sesi I merupakan pemaparan rumusan CPL dan CPMK.

Pesi ke II merupakan materi tentang penilaian secara kuantitatif terhadap capaian Profil Lulusan Prodi, CPL dan CPMK, oleh Prof. Dr.Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST.,MT., dalam paparannya beliau menyampaikan beberapa hal diantaraaya :

  • Komponen Portofolio Mata Kuliah
  • SOP Penyusunan Portofolio
  • Keterkaitan Portofolio dengan Hasil Capaian Pembelajaran

Dilanjutkan sesi ke III mengenai penggunaan Aplikasi Perhitungan Penilaian secara kuantitatif terhadap capaian Profil Lulusan Prodi, CPL dan CPMK serta Format penyusunan Portofolio, shingga selanjutnya peserta ditugaskan untuk menyusun Portofolio beberapa mata kuliah demi tercapainya minimal 40% mata kuliah dilaksanakan dengan pembelajaran berbasis kasus dan proyek.

Share This Post